Kali ini gw mau share lesson learned dari travelling gw kemaren. Sebetulnya sih suami yang punya ide ini, maksudnya kalo ada teman-teman yang pengen liburan murah ke Bali, tetap bisa terlaksana.


1. Pesawat
Klo mau dapet tiket yang murah, coba cek dari jauh-jauh hari. Yang direkomendasikan, yaa Air Asia. Syukur-syukur klo bisa dapet tiketnya pas mereka promo. Bisa dapet Rp. 900.000,- pp untuk berdua lho kadang.  Oiya... sistem pembayaran mereka cuma bisa 2, kartu kredit atau debit BCA.

Trus soal bagasi. Kalo Air Asia kan kita cuma dapet bagasi seberat 7 kg per orang, itu aja harus dibawa ke dalam kabin. Jadi kalo kira-kira loe akan bawa lebih dari itu, mending sejak awal loe langsung beli extra bagasi aja. Ada pilihan 10 kg, 15 kg, 20 kg, 25 kg. Oiya ini untuk per orang lho. Jadi, kalo gw kemaren cuma suami yang beli extra bagasi seberat 15 kg untuk berangkat dan pulang dari Bali.

Berikutnya soal makanan. Di Air Asia kan kita gak dapet makanan, yang ada malah harus beli. Cuma yaa gitu, harganya mahal gila. Pas di kabin ternyata banyak penumpang yang bawa makanan dari luar, mulai dr sekedar snack ringan sampai fast food... nah lho... Tau gitu, gw bawa juga tuh... :D

Terakhir, sebaiknya register aja sebagai member di websitenya Air Asia. Soalnya akan dapet info kapan aja mereka ngadain promo. Selain itu, benefit lainnya, kita bisa modify pembelian  tiket kita (misal, beli bagasi dll). Dan juga, bisa manfaatin fasilitas web check-in, sehingga kita gak perlu cape-cape cek-in di bandara.


2. Hotel
Di Bali itu banyak banget pilihannya. Mau yang mewah sampai yang murah, tergantung selera kita. Kalo yang ada di pikiran gw kan gini, di Bali kan aktifitasnya lebih banyak di luar, di kamar paling cuma untuk mandi dan tidur aja. Jadi yaa gak perlu yang mewah juga. Asal bersih itu udah cukup.

Untuk yang cari kelas murah, sepertinya udah pada tau Poppies kan ? Di area Kuta, Jln. Poppies Lane 1 dan Jln. Poppies Lane 2 menjamur hotel-hotel yang harganya murah meriah. Buat referensi, silhakan baca ini. Lokasi nya strategis banget, soalnya deket ama Kuta, deket ama Legian, deket ama Bandara (taksi dr bandara ke sini gw cuma kena Rp. 20.000,-). Intinya dekat ama pusat keramaian.


3. Rencana Perjalanan
Sejak awal, susun rencana perjalanan selama di Bali. Bisa minta tolong ke teman-teman yang udah sering berkunjung di Bali. Tentuin lokasi-lokasi mana aja yang mau dituju, trus usahain dalam lokasi-lokasi yang dikunjungi dalam sehari saling berdekatan. Jadi kunjungan kita selama di Bali bisa efektif dan efisien.

Kalo trip itenarary nya udah jadi, next step adalah pelajari peta kalo loe berencana keliling Bali tanpa tour guide. Untuk ini bisa manfaatin maps.google.co.id. Di website ini, loe bisa masukin tujuan elo dalam 1 hari, dan dia yang akan nentuin arahnya-arahnya. Selanjutnya tinggal loe hafalin aja tuh petanya biar gak nyasar (ini yang dilakuin ama Neng Iir... ^_^)

Kalo gw sih beda. Suami inisiatif cari pinjeman GPS. Dari hasil googling di maps.google.co.id itu, didapet koordinat-koordinat lokasi. Nah, koordinat ini ama suami dimasukin ke GPS, trus disave. Nah pas mau jalan, suami tinggal buka save an lokasi tujuan, trus ditetapin sebagai tujuan. GPS langsung nunjukin rutenya, dan kita tinggal ikutin petunjuk yang diarahin ama GPS. Terbukti, keberadaan GPS ini amat ngebantu gw dan suami waktu ngexplore Bali. 


4. Belanja oleh-oleh
Saran gw, susun list oleh-oleh yang akan dibeli sejak sebelum berangkat. Tetapin akan dimana beli oleh-oleh ini. Biasanya sih yang cukup terkenal di Bali untuk belanja oleh-oleh yaaa di Pasar Sukawati, Pasar Kumbasari, Krishna, Kampung Nusantara, Joger, Pia Legong, La Risa. Usahain waktu untuk belanja oleh-oleh ini dalam satu hari biar gak ada yang kececer, juga untuk mempermudah untuk packing pas mw pulang. 

Untuk Pasar Sukawati dan Pasar Kumbasari, berlaku seperi pasar-pasar pada umumnya, harus pinter nawar. Yang dijual kebanyakan pakaian dan kerajinan... gak liat ada makanan yang dijual di sini (mungkin ada sih, tp gw gak liat). Di Krishna, udah kayak supermarket. One stop services, hampir semua ada... Pakaian, kerajinan, makanan... Tapi yaa itu, barang yang dijual dah ada label harganya, jadi yaaa gak bisa nawar. 

Joger... ? Hmmm... dah tau lah yaa. Info yang mw gw share paling soal jam buka dan jam tutupnya aja. Gak jelas sih soalnya. Tapi dr yang gw tanya ke orang di sekitar situ, rata-rata buka jam 11an dan tutup jam 7an. Untuk Pia Legong, ini yang kudu repot dikit. Soalnya dia gak jual di tempat laen, cuma di satu lokasi itu aja. Udah gitu, yang bisa dibeli di tempat cuma yang rasa coklat dan rasa original. Khusus untuk rasa keju, kalo mau dapet, loe harus pesan 2-3 minggu sebelum diambil.


5. Transportasi
Banyak kok rental kendaraan di Bali yang murah meriah, asal loe bisa pinter-pinter nyarinya. Gw sih banyak nyari di kaskus. Alesannya simple aja.... biar semua urusan dah clear sebelum gw smp di Bali, jadi di Bali tinggal jalan doank.

Beberapa saran gw soal transport ini. Kalo loe rental mobil, loe kudu tau di sana lg musim apa. Kalo misal lagi musim ujan, jangan lupa minta mereka sediain payung di mobil. Repot juga kan kalo dah smp lokasi tapi ujan dan gak ada payung di mobil. Bisa-bisa bubar acara elo. Untuk yang naek motor, jangan lupa pastiin mereka sediain jas ujan. Tapi biasanya yang mereka sediain jas ujan model ponco. Jadi mungkin sebaiknya klo bawa jas ujan model atasan bawahan juga untuk jaga-jaga. Oiya... jangan lupa gembok pengaman motor dibawa juga. Walaupun Bali cukup aman, yaa namanya motor orang. :D


6. Voucher-Voucher
Klo pinter-pinter cari info, di Bali banyak kok yang nawarin jasa jual voucher-voucher murah. Untuk watersport, sekedar dinner di Jimbaran, dll. Kebetulan gw ambil cara ini, so gw berdua bisa dapet harga yang lumayan murah.

Buat referensi:


Itu aja sekedar sharing dari gw. Semoga bisa memberikan gambaran untuk yang mau honeymoon or sekedar travelling ke Bali. Cheers...

3 komen:

superstar mengatakan...

mantaaaapp.. nice info cuy

PS Holic mengatakan...

tips paling penting dari semuanya di atas... punya duit :(

psholic

ndhachiyo mengatakan...

hehehe... bener bgt tuh duit no. 1 :D

Posting Komentar