Hari sabtu kemaren udah niat banget dah ke klinik laktasi di RS. St. Caroulus. Udah telepon dri hari jumat nya buat nanya2. dan bukanya dari senin - sabtu. senin - jumat sampe jam 12 siank, tpi klo sabtu sampe jam 09.30.

Terus ditawarin ma suster nya klo mau hari sabtu bs dibilang ke dokter nya untuk datang jam 07.30 karena ada ibu hamil jg yang ingin konsul laktasi, tanpa pikir panjang lagi langsung menghiyakan sajaa, langsung dah kasih tau ke pak cumami klo udah buat janji di klinik laktasi jam segtu terus c cumami bilang klo tgl segtu kan ada seminar di RS. Tambak *tepok jidat* sangat amat lupa.. errrrrr.. yah dan pd akhir nya mutusin ke klinik laktasi dlu baru abis itu ke RS. Tambak syukur2 yah masih sempet :D

Udah niat bgt hari sabtu itu berangkat dari rumah jam 7 pagi, nyampe di Rs.caroulus nya lsgs menuju meja pendaftaran. Abis itu suruh nunggu di dsna. Pas di ruang tunggu udah byk ibu2 yg bawa baby nya. Dan baby nya lucukkk2 bgt rasa nya pengen culik :p. setelah itu kita dipanggil suster nya utk isi biodata diri sekalian di tensi darah. 

Dan emank kayak nya yah dmn2 tuh sama aja yah dokter tuh tukang ngaret katanya dtg jam setengah 8 ini baru dtg jam 8. Oke msih bisa ditolerir. Kirain yah pas dokter nya dtg nama gw yg lgsg dipanggil. Ternyata ngak donk. Ibu2 yg bawa baby itu jg mau konsul laktasi.. Yahhh alamat lama deyh pdhal pengen buru2 buat ngejar ikut seminar. Selama satu setengah jam nunggu baru deyh nama gw dipanggil. Oia pas msuk ke dalam diwajibkan kita bawa suami loh, jd biar suami jg berperan penting dlm bantu estri nya utk ksih asi. Dan gak cm ada gw dan pak cumami aja tpi ada 2 pasang lgi bumil yg dipanggil. Jd dstu kita Dan suami duduk dgr buk dokter nya memberikan penyuluhan. 

Hasil dari Inti penyuluhan ibu dokter c : 

1. Kenapa kita harus dtg dengan suami karena suami itu kata buk dokter adl org yg baik hati dan gak tegaan ma anak nya. Jd klo anak nya nangis dan misalnya asi keluar sedikit c suami ini yg biasanya lsgs buru2 ksih dot bayi , empeng, dan ksih sufor ke anak nya. Jd sgtpenting peran suami utk mendukung para estri. 

2. Kalo disini kyknya diharamkan bgt yah pemakain dot dan empeng jd para ibuk2 dusuruh memberikan asi lewat sendok stanless kecil dan cup feeder. Knp harus sendok besi karena sendok plastik wlwpun katanya aman utk bayi tpi lwmak asi nya bakal menempel di sendok plastik. Oia cara pemberian dri sendok mya pun jgn dri ujung sendok yah nanti bs kena bibir baby nya. Kan itu tajam jd beri dri samping sendoknya.terus katanya karena bayi itu sgt pintar jgn sekali2 memberikan botol dot ke baby. Karena dot itu seperti keran jd c baby tinggal lgsg menganga tanpa usaha menghisap sendiri sedangkan klo dari payudara ibu nya dy harus usaha 4x lebih keras untuk mendapatkan makananya.

3. Terus dikasih tau ttg IMD. Dan pastikan rs tempat melahirkan nanti ada IMD nya. IMD yg benar kata buk dokter itu sekitar 1 - 2 jam tpi kembali lgi ke dokter nya apakah sabar ato tidak. Smuga yah dokter bambang sabar :). Lalu ps saat proses IMD itu bayi ditaro di tengah2 PD ibu nya ato istilah nya skin to skin sambil dy merayap2 cari puting emak nya 

4. Terus c buk dokter bilang klo bisa rs nya harus terapkan sistem rooming in. Tpi ya dok klo rooming in kan biasanya yg vip keatas. Mahal aja dunk. 

5. Pemberian asi eklusif selama 6 bulan tanpa ada pemberian air madu, air tajin, air putih, sufor, pisang dsb, lalu 6 bulan duberikan MPasi dan tetep asi selama 2 tahun. *semangat harus bs sampe 2 tahun* aminn

 6. Dikasih tau ttg bilirubin jg dsana.

7. Dan intinya dalam pemberian asi c ibu harus happy terus karena byk tidak nya asi berpengaruh ma pikiran, klo ibu nya stress c asi jg keluar bs dikit. 

 Masih byk c yg dijelasin ma c buk dokter tpi eyke lupita euy jd cm inti2 nya sajalah. Abis itu c para2 suami ini dusuruh keluar, dan paraan istri disuruh buka baju utk latihan pemijatan payudara utk abis melahirkan dan bersihin PD saat hamil.

Berikut ini cara-cara pijat payudara yang diajarin suster di Klinik Laktasi Carolus. Mudah-mudahan bisa membantu parabuk ibuk yg sedang hamil yaa :


Teknik Perawatan Payudara selama Kehamilan (aman di lakukan di usia kehamilan 32 minggu ke atas)
  • Cuci tangan hingga bersih
  • Kompres puting kanan dan kiri dgn katun yg sudah dibasahi dengan minyak kelapa/zaitun selama 5-10 menit. kenapa kain katun? takut nya klo kapas nanti malah nyelip ke pori2 payudara.
  • Tarik nipple ke arah luar, kemudian putar ,masing-masing ke arah dalam sebanyak 30x. Tujuannya untuk membersihkan kerak-kerak yang mungkin ada,dan untuk melenturkan nipple supaya ga gampang lecet pas nyusui nanti. Basahi telapak tangan dengan minyak secukupnya. Oleskan ke PD
  • Kompres kedua payudara dengan waslap yang direndam dalam air hangat dan air dinggin. Diamkan hingga waslap terasa dingin.Kompres sebanyak 7 kali secara bergantian :  hangat-dingin-hangat-dingin-hangat-dingin-hangat. 
Teknik Perawatan Payudara setelah melahirkan
  • Cuci tangan hingga bersih
  • Lumuri tangan dan payudara dengan minyak kelapa/zaitun hingga rata.
  • Letakkan tangan kiri menyangga payudara kiri. Kemudian, jari telunjuk, tengah dan kelingking tangan kanan disatukan dan dipijatkan ke arah puting dengan gerakan spiral. Rasakan kelenjar air susu yang bergerindil di bawah jemari Anda. Gerakan ini dilakukan merata dari seluruh bagian payudara kiri menuju arah puting kiri. Lakukan gerakan serupa untuk payudara kanan. Gerakan ini dilakukan  di masing-masing payudara sebanyak 30 kali dengan tujuan untuk melancarkan dan melarutkan lemak-lemak dalam kelenjar air susu.
  • Letakan tangan kiri menyangga payudara kiri, kemudian tangan kanan seperti di kepal dan gunakan ujung pangkal tangan untuk menggosokl sambil memutar . Ulangi sebanyak 30 kali.
  • Kompres kedua payudara dengan waslap yang direndam dalam air hangat dan dingin. Lakukan 7 kali secara bergantian dan selang seling

    untuk pemijatan payudara dilakukan pagi dan sore yah sebelum mandi. kenapa dilakukan sebelum mandi takut nya klo abis mandi itu minyak2an yg nempel di payudara klo gak cepet dibersihin jd kuman. Oia dsni juga diajarin cara merah pake tangan tpi gw agak2 lupa niy secara gak lgsg dipraktekin ye jadi cuma seinget nya aja yah.

    1. misal ini utk PD kanan yah, caranya letakkan ibu jari di bagian atas areola,telunjuk dan lainnya menopang bagian bawah, Ibu jari beri jarak sekitar 3 cm dari areola, kemudian tekan ke arah areola dan nipple, peras dengan bantuan jari yang menopang. bisa juga dilakukan dlm bentuk U,klo bentuk U ini kyk ibu jari di sebelah kanan aerola dan telunjuk di sebelah kiri nya.. sama seperti diatas, jd kyk lgsg didorong gtu ke puting

    2. lalu tangan kiri nya memegang gelas,di tempelkan ke telunjuk untuk menampung asi yang keluar.

    3. Tanpa mengangkat ibu jari, urut kembali ke arah atas (keluar dari areola), dan pijat tekan kembali ke arah areola dan nipple

    semuga paham yah maksud yg diatas, soale jg binun cara menjabarkan nya gmn, tpi secara gak lgsg kyk gtu lah.. hehehehe.  Oia untuk konsul laktasi dsna bayar Rp. 123.000,-. smuga cukup membantu yah buat para2 buk ibuk gambaran diatas ini.. :D
.

5 komen:

dians mengatakan...

Thanks for sharing ya mak :)

ternyata harus pake kompres2an 7 kalii juga yaa... untung ga perlu pake kembang 7 rupa hehehe...

moga nanti sukses ya ngasi asix nyaa... :D

Rere mengatakan...

pentiiiiing banget buat belajar tentang laktasi dkk. beneran, kepake banget ndha.

Ayo getting closser to meet ur baby, semangaaat ^^

ndhachiyo mengatakan...

@dian : masama makk.. hayoo insya allah smuga kita byk asi nya ya mak
@rere : iya say makanya semangat bgt mpe bela2in ke klinik laktasi.. makasih ya say :*

-n- mengatakan...

Thx infonya. Pgn segera kesana..... :) smoga Sabtu ada jadwal dokter.

Yaka Borneo mengatakan...

Thx infonya.menginspirasi sy yang punya baby tapi ga mau nyusu badan karena 'terlanjur' kenal dot. Pengen minta 'bantuan' di klinik laktasi :)

Poskan Komentar